Olahraga 30 menit sehari

olahraga-untuk-pengobatan-diabetes

Adakalanya kita males berolahraga.., ga tau knapa?? Padahal kalau kita tahu manfaat sebenarnya dari olahraga, pasti kita tak akan melewatkan satu hari pun tanpa olahraga..!! setelah umur gw 20 tahun sekarang ini, kenapa ya semangat bwt berolahraga malah semakin kendur..?? padahal dulu, waktu gw masih kecil n lucu2nya.. gw rajin banget berolahraga, semua olahraga dari badminton, sepakbola, tenis meja sampe ke olahraga yang paling ekstrim pun yaitu main galah, atau kucing2n malam hari sampe tersesat di kebun orang.. heuheu.. pernah semua nya gw jabanin..!! ^_^ tapi sekarang, knpa ya semangat olahraga itu seakan hilang dari diri gw?? Apakah diriku butuh motivator ya cm buat berolahraga?? Aaaargh.. berlebihan..!!

Padahal menurut buku pintar gw, olahraga itu banyak manfaatnya loh,bro!! sebenarnya sih olahraga tuh ga perlu yang berat2 atau pun yang mahal2 kaya pergi ke gym untuk ngbntuk body..

Nih gw punya daftar kegiatan yang ga berat tapi mampu membakar KALORI dalam tubuh kita,, kalian tau kan apa itu kalori?? Kalori itu abangnya DE’LORI..(hehe.. becanda).. jadi kalori itu adalah kaya lemak dalam tubuh yang harus selalu “dibakar” oleh kegiatan yang kita lakukan untuk menghindari hal2 yang dapat merusak tubuh dan penampilan kita, contohnya : obesitas.

Nih gw kasih dah skg daftar nya :

  1. Jalan kaki cepat 8 km/jam……………………………………. Membakar 9,8 kalori
  2. Berenang 3 km/jam …………………………………………….. 8,3 kalori
  3. Berlari ………………………………………………………………….. 7,0 kalori
  4. Menjahit dengan tangan …………………………………….. 7,0 kalori
  5. Bermain pingpong ………………………………………………. 4,4 kalori
  6. Berkebun ……………………………………………………………. 3,9 kalori
  7. Menari ………………………………………………………………… 3,8 kalori
  8. Naik Sepeda ………………………………………………………… 2,5 kalori
  9. Jalan kaki 5 km/jam …………………………………………….. 2,0 kalori


10. Menyapu …………………………………………………………….. 1,5 kalori

11. Bermain piano ……………………………………………………… 1,4 kalori

12. Mencuci pake tangan …………………………………………… 1,3 kalori

13. Mengetik Cepat …………………………………………………… 1,0 kalori

14. Menyetrika ………………………………………………………….. 1,0 kalori

15. Tiduran …………………………………………………………………. 0,1 kalori

Tuuh, dah lihat kan?? Ternyata sebenarnya kegiatan2 yang kita lakukan sehari-hari tuh ada baik nya juga ya bwt kesehatan. Sampe tiduran pun, mampu membakar kalori walau cm 0,1..!! haha.. kebayang donk orang yang kebiasaannya cm tidur2n doank?? Bayangkan seberapa banyak kalori yang masuk ketubuhnya, sedangkan pembakarannya Cuma 0,1. Mungkin inilah yang dinamakan “besar pasak daripada tiang” J.

Sebenarnya untuk hidup sehat itu gampang dan murah. Awali lah dari hal yang paling kecil sekalipun. Yang paling gw saranin adalah : BERHENTI LAH MEROKOK. Itulah inti dari hidup sehat. Jangan merokok. Karena merokok itu dapat merusak hampir semua organ dalam di tubuh kita. Apa sih manfaat rokok?? Kaya nya ga ada deh bro??

Gw pernah ya ngmotivasi temen bwt berhenti merokok..,, 3 hari dia ga merokok.. trus apa yang dia katakan sama gw setelah itu?? Bgini katanya :

Temen gw : “Den, gw nyerah ah buat ga ngerokok!!”

Gw : “Emang knpa??”

Temen gw : “ga kuat gw, diriku kaya mau dicabut nyawa az, gni ga enak, gtu ga enak!!”

Dalam hati gw berkata,, sampe segitu nya efek ketagihan dari nikotin,, sampe serasa mau mati katanya..!! gawwwaaat..!! padahal gw gni2 juga dulu kan pernah pesantren,, (pesantren kilat.red ^^) kata Pa Ustadz : “Sakaratul Maut itu rasa sakitnya melebihi di sabit oleh 1000 pedang”. Ngeri kan??? Jangan bkin kalian takut mati ya..!! karena mati pasti dialami oleh semua makhluk. Yang jadi pertanyaan gw, masa sih rasanya seorang perokok yang berhenti merokok, seperti itu?? Mungkin iya.., mungkin tidak. Oleh karena itu,, STOP SMOKING,, NOW!!!!!

Semoga artikel ini, ada manfaat nya bwt kita semua. Gw nulis artikel ini, sebenarnya seperti “menampar” diri sendiri..!! secara kan sekarang ini badan gw rada sedikit kelebihan muatan alias asoyGeboy 😀 Haha..!! sekarang gw pengen banget, seperti dulu lg : Langsing n Bohay.. heuheu..! tapi tenang, walaupun gw nanti jadi kurus dan ramping, blog gw ini ga akan rubah nama jadi “tupai_bohay”, tetep blog ini bernama “TupaiTambun” ^_^

13 thoughts on “Olahraga 30 menit sehari

    • itulah kebiasaan anak muda bdg kebanyakan skg..
      jadi pada malas olahraga uy..
      padahal gratis kan? hehe (gw juga ky gtu siih)

  1. Hayu atuh den urang olahraga, duludulu suka renang, kenapa sekarang kagak lagih? kapan2 renang lagih yuk biar ga tambun. . 🙂

    NB:
    saya kurang begitu yakin dengan kata2 anda “seperti dulu lg : Langsing n Bohay” emang pernah yah??

  2. semangat Kang Deden….!! jalan cepat banyak membakar kalori kan…
    kalo ke mana-mana, bawaannya buru-buru aja, udah olahraga hehehe

  3. haha klo de2n pgn balik langsing lagi,,fika pnya masukan yg dijamin mantabs….jalan kaki aja dari kosan d’gawif ke subang,,dijamin seminggu dilakuin langsung singset ^.^ hahhaa..

    tuh adain hari olahraga bareng anak kosan d’gawif,,biar pada cling2 smua ^.^

  4. Saya dulu jalan kaki cepat di Monas selama satu jam 5x seminggu karena emang dekat kantor.
    Sekarang jalan kaki di komplex yang tak kalah luas.
    Intinya : jangan malas olahraga. Cari olahraga sesuai umur agar tak cidera.

    ——————OOT—–

    Rasa cinta pasti ada

    Pada makhluk yang bernyawa

    Sejak dulu hinggi kini

    Tetap suci dan abadi

    Tak kan hilang selamanya

    Sampai datang akhir masa

    (Lagu Renungkanlah, ciptaan dan dinyanyikan siapa ya,lupa…)

    ——–

    Apakah anda mempunya rasa cinta ? Jika ada tuangkanlah dalam puisi dan daftarkan pada acara PARADE PUISI CINTA di http://abdulcholik.com/acara-unggulan/acara-unggulan-parade-puisi-cinta

    Sahabat yang lain sudah disana semua,tinggal menunggu puisi anda. Hadiahnya menarik lho, maka segera ikuti acara unggulan ini.

    Salam hangat dari Surabaya

Leave a Reply

