Wayang golek, Tontonan Yang Jadi Tuntunan

wayang_golekBila kalian asli anak orang sunda atau walaupun bukan orang sunda tapi lahir di daerah jawabarat, pasti tau nih sama kesenian daerah yang satu ini. suatu budaya warisan nenek moyang yang kejayaannya masih bertahan hingga sekarang ini. yap.. itulah Wayang Golek. sebuah kesenian wayang khas daerah jawa barat. m054

bila dilhat dari tampilannya, golek merupakan wayang yang terbuat dari kayu. berbeda dengan wayang kulit. tapi walaupun berbeda, tetap cerita pewayangan mahabrata & ramayana yang menjadi topik utama dalam ceritanya. wayang golek dimainkan oleh seseorang yang disebut dalang. seorang dalang akan mementaskan sebuah pagelaran wayang golek semalam suntuk. itulah yang membuat sisayah sangat terkagum-kagum terhadap stamina para dalang. entah pemanasan yang bagaimana yang mereka lakukan sebelum pentas??m056

Oh ya, Bonggol pisang dijadikan alas agar wayang-wayang itu dapat berdiri tegap saat pementasan. bagaimana itu bisa terjadi?

karena kaki wayang itu terbuat dari bambu yang diruncingkan sehingga dapat menancap kuat pada bonggol pisang.

untuk memeriahkan konsernya… sang dalang tidak sendirian. dia ditemani oleh beberapa juru kawih/sinden dan musiknya diiringi oleh gamelan yang mengalun riuh rendah saat pentas wayang sedang berlangsung. jadi dapat disimpulkan bahwa, wayang golek merupakan sebuah kolaborasi dari hampir seluruh kesenian yang ada. dimulai dari seni suara, seni tari (wayang golek juga bisa menari), seni teater, dan seni musik tentu saja.m046

oh iy satu lagi brader, ada seorang dalang yang menjadi pavorit saya (mungkin juga favorit semua orang). beliau adalah Ki Dalang Asep Sunandar Sunaryan56244951245_1947945_4015. Apa yang membuat beliau begitu digemari oleh para pecinta wayang golek tanah air? kalau menurut pendapat siSayah sihm080, beliau itu dalang yang memiliki keunikan tersendiri, selain suara yang khas, beliau juga bisa membawa alur cerita pewayangan menjadi tidak membosankan. karena saat dia membawakan sebuah cerita, selalu diselingi oleh humor-humor atapun kritik-kritik yang segar dan menggelitik. Apalagi kalau sudah muncul  si cepot (salah satu punakawan pewayangan), semua orang pasti terhibur abiiiiis….m146 . ga ada yang bakalan ngantuk daaah.

Yup begitulah… wayang golek merupakan sebuah hiburan untuk semua umur. dimulai dari balita (kalau dia ngerti) sampai dewasa pun tak ada larangan untuk menghabiskan malam menonton pagelaran wayang golek. karena selain bersifat menghibur, pagelaran wayang golek juga selalu diisi oleh pesan-pesan moril, agama dan sosial yang penyampaiannya sangat ringan dan mudah dimengerti.

baiklah klw begitu, klw kalian ngebet banget pengen nonton nih pagelaran wayang golek, silahkan download az tuh d youtube.. tinggal search “wayang golek”. oh iya, 90% wayang golek itu berbahasa sunda, jadi bwt kalian yang ga ngerti basa sunda.. kursus dulu yaaa… m021

semoga wayang golek tetap abadi menjadi salah satu kesenian indonesia. ayo kita perjuangkan agar tidak dklaim lagi oleh negara tetangga m018 yang tak punya tata krama itu.

 

sumber gambar :

http://bandung.go.id

http://www.facebook.com/search/?q=asep+sunandar+sunarya

Advertisements

14 thoughts on “Wayang golek, Tontonan Yang Jadi Tuntunan

  1. Keren tuh, cuman sim kuring mah naha sok tunduh wae lamun nonton golek teh??? beda jeng nonton dangdutan 😀
    tapi dangdut ge kaasup budaya daerah lain, jadi te kunanaon. hehehe

  2. satuju,salam kanggo sadayana urang jelekong,khususna k klrga besar abah dalang sunarya (alm).ti majalaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s