Keistimewaan Blog

blogblog Blog sudah menjadi hobi sekaligus tempat berkeluh kesah buat siSayah. juga menjadi tempat saya mendapatkan informasi baru karena bisa berbagi informasi dengan blogger-blogger lain yang bisa terus terhubung tanpa harus bertatap muka langsung di dunia nyata.

waktu jalan-jalan di dunia maya malam hari karena tidak bisa memejamkan mata, siSayah menemukan sebuah ebook yang keren banget daaah… ebook ini ditulis oleh seorang blogger luar negeri yang telah sukses malang melintang di dunia blogging.  Beliau adalah … . . . .

Yaro Starrak.yaro karena saya orang sunda, marilah kita panggil dia Kang Yaro saja. supaya lebih akrab… hehe

Apa yang membuat sebuah blog istimewa dan membuat para blogger betah lama2 ngoprek atau nulis blog nya sampai berjam-jam? sampai2 ada yang bilang ngblog tuh bikin orang jadi autis az.. (haha..) padahal menurut saya jstru dengan ngblog kita jadi punya banyak sahabat baru walau hanya sahabat di dunia maya.

jadi begini, menurut Kang Yaro, blog merupakan sebuah website yang  mempunyai perbedaan kunci, yaitu diantaranya adalah :

1. Artikel pada blog ditampilkan secara kronologis dengan artikel paling baru berada paling atas.

Kang Yaro says : ini adalah bagian yang paling konsisten dari setiap blog yang pernah saya kunjungi. Artikel ditampilkan dengan sedikit cuplikan dari isi, dimulai dari bagian atas untuk artikel yang paling baru diikuti kemudian dengan artikel yang lebih lama, dan seterusnya.

Format ini adalah warisan dari aspek “jurnalistik” dari blog yang merupakan diary online atau jurnal. Diary mempunyai isi yang dibuat berdasarkan tanggal dan begitu pula blog bekerja. Meskipun blog mempunyai gaya seperti cerita jurnalistik, hal penting yang perlu diperhatikan adalah saat ini tidak semua blog merupakan diary dan tidak melulu tentang kehidupan pribadi dari sang penulis saja. tapi bisa berisi informasi-informasi yang mungkin sangat berguna.

2. Dengan blog kita dimudahkan untuk menambah konten-konten baru

Kang Yaro says : Website normal mempunyai satu masalah kronis yang menghalangi orang untu menambah konten baru – yaitu terlalu teknis.

Blog telah mengubah hal ini. Mereka menyediakan sebuah sistem publikasi konten yang begitu mudah digunakan oeh kebanyakan pengguna web, dengan sedikit latihan, kita bisa mempublish konten ke World Wide Web. Ketika publikasi konten menjadi semudah menulis email, kendala untuk masuk atau daftar sudah sangat rendah dan saat ini kita mempunyai sebuah dunia yang terisi jutaan blog.

3. Konten Sering Terupdate

Kang Yaro says : Masalah besar lain yang menjadi wabah pada website tradisional adalah sifat statis mereka. Kebanyakan website tidak pernah berubah dan anda selalu kembali ke halaman-halaman yang sama dengan isi yang sama. Alasan untuk hal ini adalah poin kedua diatas – yaitu sangat sulitnya bagi kebanyakan orang untuk menambahkan konten pada sebuah website. Tentu, beberapa situs popular sering terupdate sebelum blog muncul, tapi untuk diketahui bahwa dibelakang mereka ada organisasi besar dengan staf teknis dan staf penulis, atau dikelola oleh orang-orang yang mengerti sesuatu seperti HTML, FTP, dan server web. itulah keistimewaan blog, Website dulu tidak pernah sedinamis blog sekarang.

4. Blog mengijinkan orang untuk meninggalkan komentar

Kang yaro says : Evolusi besar yang bisa dilihat dari blog dibandingkan dengan website tradisional adalah tambahan fungsi komentar. Disetiap artikel yang di publiskasikan di blog mempunyai kotak yang mengijinkan siapapun untuk memberikan komentar pada artikel tersebut. Perubahan itu mengubah website dari layanan broadcasting satu arah, menjadi alat komunikasi dua arah. Para pembacanya bisa dengan mudah berkomunikasi dengan penulis konten, membawa pembicaraan yang dimulai dari sebuah artikel menjadi sebuah
komunitas.

Masih ada ga Pai, poin2nya…?? tenang saudara-saudara, ada satu poin lagi keistimewaan blog itu , poin terakhir ini lebih powerfull dari yang anda pikirkan, dan inilah jawabannya . . . . . .

5. Orang-orang “mempercayai” blog lebih dari website normal karena blogging
adalah pembicaraan.

Blog, secara alamiah, bisa diandalkan sebagai sumber informasi yang terpercaya. Mereka menumbuhkan hubungan antar manusia dan, sebagai efek samping dari banyaknya blog sekarang, beberapa blogger di terima sebagai ahli yang disegani, meskipun itu benar ataupun tidak, murni dibelakang blog mereka sukses.

Karena itulah seseorang dengan modal semangat, hobby, atau keahlian tertentu, dan cukup termotivasi untuk menghasilkan konten tentang sebuah topik, dapat menarik audiennya dan mendapatkan potensi untuk prefesional blogging.

Yups… itulah keistimewaan blog, sodara-sodara…

Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadikan kita semakin bersemangat untuk menulis d blog..!!

Thanks to Kang Yaro Starak, karena telah memberikan sebuah motivasi pada kami.

 

Gambar : http://www.podcastdirectory.com/regions/XX/Unknown

http://vyanrh.wordpress.com

Advertisements

16 thoughts on “Keistimewaan Blog

  1. Ya Setuju.. terima kasih juga ke Kang yaro hiihi…

    Bro, link-nya udah terpampang pecintakuliner.co.cc/pk/466 tiasa ditingali… hatur nuhun ah…

    Komo deui kaleresan abdi nu PERTAMAXXX…

    • yah sama2 kang deka.. terima kasih nya sama kang yaro saja.. saya juga ilmunya dapat dari dia.. hehe

    • wah, hebat sekali minimal 1 postingan tiap hari, berarti normalnya lebih dari satu postingan dong.. cek ke TKP ah.
      akan saia tiru.. saya cinta nge blog.

      oh iya, makasih buat yg empunya blog ini buat artikel bagusnya.

  2. saya juga baru bisa mosting 1 untuk satu hari, gan..!! hehe..
    maklum kita kan bukan penulis handal… 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s