Siapa yang mau dijajah (lagi)?

  5Setiap individu yang hidup di dunia ini pasti tak mau hidupnya dikekang apalagi dijajah oleh pihak lain. Tentu saja kita semua ingin hidup merdeka di negeri sendiri. Inilah yang menjadi alasan utama mengapa rakyat surabaya menolak dan memberikan perlawanan ketika datang tentara sekutu pada tanggal 10 November 1945. disaat kita merayakan masa-masa proklamasi kemerdekaan, tamu tak diundang itu datang dengan pongahnya ingin mengambil kembali wilayah indonesia sebagai kekuasaannya. Hehm, enak saja…. Siapa yang mau dijajah (lagi)??

Kenapa 10 November diperingati sebagai hari Pahlawan? Masih ingatkah? atau masih lupa? coba tanyakan pertanyaan itu kepada anak sekolah!! bila sudah, selanjutnya coba tanyakan juga kepada orang dewasa yang telah disibukan oleh profesinya? Apa jawaban yang anda dapatkan? pasti kebanyakan mengatakan :

“Aduh, Maaf Mas, sejarah bukan bidang saya”. Aaargh..  jawaban ngeles yang sungguh “pintar” menurut saya. mengapa fenomena ini bisa terjadi? mengapa kebanyakan dari kita lupa akan sejarah? ternyata mayoritas orang Indonesia masih menganggap sejarah bangsa ini hanya sebuah pelajaran di sekolah yang hanya dipelajari untuk mendapatkan nilai bagus semata, setelah dia keluar sekolah… Amblas deh semuanya… tak ada yang diingat satupun..!!  bukankah bangsa yang hebat adalah bangsa yang belajar dari masa lalunya. Well, kalau begitu sudah masuk kriteria negara hebat kah negara kita ini?? jawabannya ada pada diri anda masing-masing.

Oh ya mari kita flashback kembali ke masa lalu. ini untuk mengingatkan kembali kepada anda yang lupa tentang peristiwa 10 November. Jadi begini sodara-sodara sebangsa setanah air…. pada tanggal 10 november itu terjadi sebuah peristiwa dahsyat (baca = perang) antara  pihak tentara&rakyat Indonesia dan pasukan Sekutu. Peristiwa besar ini terjadi di kota Surabaya, Jawa Timur.

Pada suatu hari, Tentara Inggris didatangkan ke Indonesia atas keputusan dan atas nama Sekutu, dengan tugas untuk melucuti tentara Jepang, membebaskan para tawanan yang ditahan Jepang, serta memulangkan tentara Jepang ke negerinya. Tetapi, selain itu, tentara Inggris juga membawa misi mengembalikan Indonesia kepada pemerintah Belanda sebagai jajahannya. NICA (Netherlands Indies Civil Administration) ikut membonceng bersama rombongan tentara Inggris. Itulah yang meledakkan kemarahan rakyat Indonesia di mana-mana. Siapa yang tidak marah dan berang coba?? apabila ada “musuh bebuyutan” yang ingin kembali mengoyak-ngoyak harga diri bangsanya…. hehm tak sudi layaaaw..!!

Sekelompok orang Belanda di bawah pimpinan Mr. W.V.Ch Ploegman pada sore hari tanggal 18 September 1945, tepatnya pukul 21.00, mengibarkan bendera Belanda (Merah-Putih-Biru), tanpa persetujuan Pemerintah RI Daerah Surabaya, di tiang pada tingkat teratas Hotel Yamato, sisi sebelah utara. Keesokan hari ketika pemuda Surabaya melihatnya, seketika meledak amarahnya. Mereka menganggap Belanda mau menancapkan kekuasannya kembali di negeri Indonesia, dan dianggap melecehkan gerakan pengibaran bendera merah putih yang sedang berlangsung di Surabaya.

Arek-arek suroboyo dengan berani menaiki hotel yamato dan merobek bendera belanda itu. Peristiwa Penyobekan Warna biru (sehingga hanya tersisa warna merah putih saja) pada bendera belanda di hotel yamato inilah membuat para penjajah tersulut amarahnya… Yeee.. salah sendiri pake ngibarin bendera di negeri orang!!! Kita Negara Merdeka, Bung..!! Jangan Seenaknya lagi di negeri kami.. (mungkin kata-kata itulah yang ada dibenak para arek-arek suroboyo..)

Maju terus Pemuda Indonesia…..!!!m088

 

 

Sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/Peristiwa_10_November

Gambar :http://bonek-suroboyo.blogspot.com

Advertisements

8 thoughts on “Siapa yang mau dijajah (lagi)?

    • yaah, itu juga dicocok-cocokin siiih.. hehe…!!
      saya mah berusaha nyesuain dengan situasi az..
      sekarang kan sedang memperingati hari pahlawan mas.. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s