Tips agar baterai laptop & ponsel Awet

Kasian juga liat temen yang baterai laptopnya ngdrop mulu.. padahal tuh laptop lagi dibutuhin banget buat dia presentasi didepan para mahasiswanya.. (info = temen gw tuh asdos). Selidik punya selidik, ternyata ada yang salah dengan kebiasaan temen gw ini yang berhubungan dengan laptop kesayangannya. Dia tidak mengikuti prosedur pengecashn batre laptop yang benar.. (wah emang ada Pai??) Ada dooonk.. 😀

Jadi, buat sobat-sobat yang kepengen batere laptop/notebook nya panjang umur, sebaiknya mengikuti langkah-langkah dibawah ini niiih.. bukanlah langkah sulit yang menghabiskan banyak biaya, kalian cukup mengikutinya sesuai urutan, ingat urutannya harus benar.

1. Langkah pertama : colokan terlebih dahulu kabel charger yang terhubung ke laptop!! Ini untuk menghindari aliran listrik yang mengalir sebelum ngcash dilakukan. Sehingga laptop tidak menerima aliran listrik mendadak.. 🙂 Lihat gambar disamping ini..

2. Yang kedua : apabila kabel charger yang ke laptop sudah terhubung. Baru kita mencolokan bagian kabel yang satunya lagi yaitu ke terminal ataupun kecolokan listrik. Lihat gambar di samping..

Gampang kan bos?? Ingat, jangan terbalik antara No.1 dan No.2 ! kebanyakan dari kita susunannya suka terbalik.. “INILAH PENYEBAB UTAMA BATERE LAPTOP KITA TIDAK PANJANG UMUR”. Sebenarnya langkah sederhana diatas itu cukup untuk membuat batere laptop kita awet dan ga ngdrop..!! jadi susunan / prosedur pencolokan kabelnya lah yang harus selalu diperhatikan. Kadang kita suka menganggapnya sepele. Padahal ini sangat bermanfaat banget looh.

Oh iy, ini juga bisa dilakukan untuk menghemat baterei handphone kita. Karena pada prinsipnya, batere HP dan laptop sama saja.

Semoga tips ini bermanfaat.. 🙂

Advertisements

30 thoughts on “Tips agar baterai laptop & ponsel Awet

  1. Benar kang, kadang cari mudahnya saja, tancapkan dulu colokan listrik ( bahkan sering tidak dicabut berhari-hari), kemudian baru dicolokkan ke laptop. Informasi mengenai tips usia battry laptop juga pernah saya posting, silahkan browsing di http://www.aldymy.name

    • betul sekali.. kita kadang suka menyepelekn sesuatu yang kecil. padahal kalau sudah rusak, biaya besar kadang suka keluar.
      baik kang, saya langsung ke tekape.. 🙂

  2. Wah kalo saya mah sering kebalik kang, pantesan gampang ngedrop, dan satu lagi kalo sudah ngecharger biasanya lupa cabut kabelnya kalo udah penuh. Ini aja pas baca postingan ini baru inget belum cabut kabel chargernya. hehehehehe

  3. bos, ga kebalik tuh . dapet info darimana? temen bilang malah colokin dulu ke listrik tunggu minimal 1 menit biar listrik stabil baru colokin ke tanktop. kalau di colok dulu ke laptop trus di colok ke listrik malah bikin kejutan listrik ke batre karena arus mendadak masuk. mana yg bener ya? aku sih begitu low batt langsung charge, sdh full charger di cabut. dari pada nyabut batrentar lupa lg naroh nya. sendal aja lupa………. btw thanks infonya. bikin confuse jg ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s