Toloong, temen sayah keracunan

Waktu itu siSayah dan temen2 lagi ngadain acara ngeliwet atau makan-makan di kebunnya milik engkong si Awink. Berbagai menu tersedia saat itu, dari mulai nasi liwet, ayam bakartempe goreng, dll. Disaat yang berbahagia itu  juga tersedia sebuah menu andalan yang bikin anak-anak panas dingin pas ngeliatnya. yaaa, panas dinginnya sih bukan karena ga mau, tapi karena takut ga kebagian. haha. maklum semuanya doyan. ingin tau, menu spesial itu  sodara2? benar sekali, itu adalah Semur Jengkol.  😀

Jarang-jarang nih kita makan semur jengkol, apalagi ada temen siSayah yg notabene orang kota dan belum pernah sama sekali doi makan tuh “hidangan naga”. eh kkekenapa disebut “hidangan naga” Pai? aaah suka pura2 ga tw az nih :), makan jengkol kan bisa bikin efek bau naga pada nafas kita.

Singkat cerita, temen sayah yang baru makan jengkol tuh ternyata doi doyan juga pas disuruh nyoba.. awalnya sih jaim2 jaga kehormatan diri gtuh. haha. 😀 belum tw dia. dan akhirnya, Saking sukanya, malah dia sekarang yang hampir “nghajar” semua tuh jengki.

Naaah disinilah cerita sedihnya bermula.. mungkin karena kebanyakan atau karena terkena radang jengkolinosis (overdosis jengkol versi tupaitambun). 30 menit kemudian ada yang janggal sama temen siSayah ituh,, dia jadi Muntah-muntah, mukanya memerah, badannya keluar keringat dingin.. dan dia jadi manggil-manggil nama kekasihnya. sambil bilang gini..sayaaang, tolongin Aa, aa keracunan jengkoooool” (sungguh sebuah adengan yang menyayat hati).

Menurut buku yang sayah baca, pada umumnya penderita keracunan makanan dapat ditolong dengan memberikan air putih atau susu. Satu menit pertama adalah saat paling kritis bagi penderita. Usahakan agar penderita dapat muntah terlebih dahulu, yaitu dengan memasukan jari dalam kerongkonganna.

Tetapi ingat, jangan melakukan itu bila penderita dalam keadaan pingsan.

berikut ini langkah awal yang tepat untuk menolong orang yang keracunan :

  1. Keracunan Jengkol : Jengkol mengandung zat asam yang dapat mengakibat kan keracunan. Untuk menyembuhkan orang yang keracunan jengkol, berikan norit dan minumkan air kelapa ijo sebanyak satu gelas minum, yang diberi garam dapur sedikit saja. minumnya sedikit demi sedikit, satu hari satu kali minum.
  2. Keracunan Daging/Ikan Busuk : daging/ikan yang busuk bila dimakan dapat menimbulkan keracunan. obatnya adalah santan kelapa yang kental, s edikitnya satu gelas besar diminum. Sesudah itu disusul minum air kelapa muda.
  3. Keracunan Jamur : Penawarnya adalah telur ayam satu butir dikocok lalu diminumkan kepada penderita agar lekas muntah. Sesudah itu diberi minum santan kental atau air kelapa ijo satu gelas.
  4. Keracunan Udang : Udang dapat mengakibatkan mabuk. Sebagai penawarnya gu nakan kelapa ijo satu buah, diambil airnya, untuk diminumkan setelah sipenderitanya muntah dengan sukses. oh iy, agar cepat muntah, gunakanlah telur mentah dikocok dan diminumkan sampai kenyang.
  5. Keracunan Pestida : berhati-hatilah buat kalian yang suka mengkonsumsi sayuran2 secara mentah. karena bisa jadi dalam sayuran itu masih mengandung pestisida. oleh karena itu, cuci bersih terlebih dahul ulah sebelum dikonsumsi. tapi bila keracunan sudah terjadi, pender ita dapat diberi air minum kelapa ijo, supaya racun yang telah tertelan dapat ditawarkan. Perlu diusahakan agar penderita dapat muntah.

Yups, sekian saja dari sayah,

Semoga info diatas bermanfaat ya sobat! 🙂

Sumber : buku pintar seri senior

Gambar : pakarpangan.wordpress.com

Advertisements

25 thoughts on “Toloong, temen sayah keracunan

  1. jengkolan ya? dulu juga pernah belajar tentang tanaman obat yang bisa nyembuhin ini, tapi lupa. apa yaaa -_-
    btw, terus gimana tuh temennya? udah sembuh belom? kapok ga makan jengkol? hehehe.

    • Alhamdulilah dia baekn sekarang mah, setelah dikasih air kelapa muda sama susu, dia langsung mendingan tuh ca.. 🙂

      saya kira dia ga kapok deh.. hehe mungkin cuma porsinya az kali ya yang dikurangin..

  2. jadi inget dulu keracunan ikan tongkol, buru2 minum teh manis…alhamdulillah netral juga entu racun, tapi mas bro jangan sekali2 minum susu trus minum obat, sebab akan mengurangi efek dari obat…

    salam

    • ooh, keracunan ikan tongkol bisa sembuh sma teh manis ya?? thanks infonya kang.. 🙂

      yups, benar.. susu kan berfungsi menetralisir, jadi bukan tidak mungkin obat juga akan dinetralisir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s