Diskusi batin antara Tupai dan Sapi

27 November 2009

Sayah masih terkulai dengan mimpi-mimpi malam yang sebenernya penting ga penting. Sampai tiba-tiba dibangunkan oleh alarm handphone yang mendadak berbunyi tanpa tedeng aling-aling. Dengan penuh perjuangan saya ambil hape yang telah menemani saya dengan setianya selama 4 tahun ini. Dilihat jamnya, beeuh benar, ternyata sudah jam 03.00, inilah saatnya untuk melepas kantuk dan bersiap-siap pulang ke kampung halaman. Karena sungguh tidak mengenakan bila harus merayakan hari besar di negeri orang.

Mandi sesaat (muka doank yang dimandiin.. :lol:), langsung saya bergegas memasukan semua barang2 yang bisa dibawa kedalam ransel butut yang kesetiaannya tak perlu diragukan lagi. Kalau ransel ini punya nyawa, pasti tiap hari saya ajakin ngopi bareng deh.(Thanks Sel). Yup, semua telah siap, badanpun telah saya lindungi dengan jaket kulit + body protektor, supaya tidak terkena kedinginan mendadak diperjalanan yang memang merupakan “rute gigil”. Rute yang harus melewati terjalnya tangkuban perahu dan menuruni lembah untuk menuju kota subang tercinta (alaah, ky jalannya blm kena aspal az nih 😀 ).

Angin subuh yang menusuk tulang langsung berhembus saat pintu kosn saya buka. Eh,eh,eh, ada sesuatu yang aneh nih?? Ada sesuatu dengan badan besar plus berwarna hitam dan putih, lagi nongkrong didepan kosn dengan dtemani daun-daun pisang disekelilingnya. Selidik punya selidik, ternyata itu Sakadang Sapi Sodara-sodara. Saya Cuma bisa tertegun saat melihat hewan memamah biak itu. Tiba-tiba mata kami bertemu. Kami pun saling pandang. Dan tiba-tiba terjadi sebuah diskusi batin antara gw dan sapi itu, kira-kira perbincangannnya seperti ini :

Sayah : Eh, ada bang sapi? (sambil memberikan senyum tulus)

Bang Sapi : Eh, ada kang tupai. (dia juga senyum tak kalah tulus)

Sayah : Lagi apa bang, subuh2 gini ko dah nongkrong d depan kosn sayah??

Bang Sapi : Ah elu kaya yang ga tw az, Pai. sekarang kan hari raya Qurban, jadi sekarang giliran gw nih yang terpilih untuk dikurbanin. Hehe..

Sayah : Eh,eh. Abang mau dikorbanin, ko keliatannya malah seneng sih??

Bang Sapi : Tentu saja gw seneng banget, karena ga semua sapi bisa seberuntung gw. Cuma sapi-sapi sehat dan ga penyakitan az yang halal buat dikurbankan.

Sayah : Ooh, berarti Abang sehat donk ya??

Bang Sapi : Of Corse donk Pai. (katanya sambil nyengir kuda eh nyengir sapi)

Sayah : Tapi nanti kan abang disembelih tuh pake golok? Pasti sakit banget kan? Emangnya abang rela dunia akherat?

Bang Sapi : Insya Allah gw Rela.. malah gw bersyukur banget, Pai. Karena gw diberikan amanat yang begitu besar ini.

Sayah : Oh gitu ya.. Selamat deh buat bang sapi karena telah lulus tes CHUK (Calon Hewan Untuk Kurban).

Bang Sapi : Yoi, sama-sama Pai.

Sayah : Semoga Amal Ibadah abang diterima ya.

Bang sapi : Amiin.

Sayah : Bang, saya mu pulang kampung dulu yaa..Mu sholat ied dikampung. oh iy, doakn saya juga untuk bisa menyembelih temen2 abang tahun depan.

Bang sapi : Ok Pai.. TitiDJ ya. Dan semoga kau bisa berkurban tahun depan.

Sayah : Amiin.

Begitulah sodara-sodara, perbincangan antara sayah dan bang Sapi. Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari perbincangan di atas. Oh iy. Kami segenap keluarga besar Tupaitambun dan seluruh crew mengucapkan …………….

SELAMAT HARI RAYA IEDUL ADHA 1430 HIJRIAH.

Semoga kita bisa menteladani apa yang telah dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail Sebagai cikal bakal dari hari raya Qurban ini.

Amiiin.

25 thoughts on “Diskusi batin antara Tupai dan Sapi

  1. he…he….perbincangan dini hari yg penuh hikmah.
    bang sapi begitu bahagia krn diberikan amanah utk jadi korban.
    Bisa juga jadi cerminan utk diri kita, apakah kita sudah mengerjakan amanah yg diberikan pd kita sebagai khalifah di muka bumi ini, sudah begitu rela dan baiknya seperti bang sapi ?
    tulisan yg bagus sekali , penuh dgn renungan.
    salam.

    • Untuk menjadi khalifah di bumi itu ternyata tugas yang berat juga ya Bun. banyak godaan yang datang silih berganti. semoga kita istiqomah.

      oh ya, terimakasih atas kunjungannya ke blog saya.. :mrgreen:

  2. PEMBUKAAN
    selamat pagi
    ISI
    ajarin saya donk,
    gimana caranya supaya bisa bicara dari hati ke hati dengan sapi !!
    saya baru bisa ngomong dari hati ke hati cuma sama rerumputan, pohon pisang, sama pohon bambu.
    selamat Idul Adha.
    mohon maaf lahir dan batin 😉
    PENUTUP
    terima kasih dan mohon maaf 😮

  3. Pertama.
    gila pas pertama kali melewati “rute gigil” ini, flu habis-habisan. sambil meler di hidung gak berhenti-berhentti. udah gitu kalo ngomong rasa ada di kutub lagi, heheheh
    Kedua.
    Salut dengan akang bisa diskusi batin dengan sapi, pasti ilmu kanuragannya udah level A ya kang, hehehhe
    Ketiga.
    Udah ah tar si akang protes lagi.

  4. tuh sapi soleh bener..
    Alhamdulillah kalo dia rela untuk disembelih dan dimutilasi. Jadinya aku ga ada beban menampung hasil potongan daging si sapi.

Leave a Reply

